Sejarah Perkembangan Permainan Bulutangkis/Badminton Secara Lengkap

Sejarah Perkembangan Permainan Bulutangkis/Badminton Secara Lengkap

Tahukah Kamu, Sejak kapan permainan Bulu tangkis ada....?
Dulu, Pada abad ke - 12 di Cina dan Inggris ada permainan yang dimainkan dengan pemukul kayu dan bola bulu tangkis ( kok ). Permainan itu disebut BATTLEDORE dan SHUTTLECOCKS . Pemain harus menjaga bola/kok agar dapat dimainkan selama mungkin.

Seputar-dunia-olahragaku.blogspot.com
Bulutangkis
BATTLEDORE dan SHUTTLECOCKS dimainkan di rungan bear yang disebut Badminton House Di Gloucestershire Inggris selama tahun 1860. Nah sejak saat itulah  Permainan ini disebut "Badminton" Artinya permainan di gedung Badminton. Nama ini diambil dari sebuah pamflet yang berjudul Badminton Battledore new game yang dibuat oleh Isaac Spratt, seorang penyalur mainan Inggris.

Sejak saat itu Bulutangkis menjadi Olahraga yang terkenal didunia. Di wilayah Asia timur dan tenggara Bulutangkis berkembang pesat. Kemudian , Pada tahun 1934 didirikan Federasi Bulutangkis Internasional ( IBF ). Anggotanya terdiri dari sembilan negara . Namun pada tahun 1993, anggota IBF sudah mencapi 120 negara. Perkembangan yang pesat , bukan......?

seputar-dunia-olahragaku.blogspot.com
Bulutangkis

IBF mendukung berbagai kejuaraan Bulutangkis. Berikut ini kejuaraan Bulutangkis yang perlu agan ketahui :

  1. Kejuaraan Dunia Bulutangkis beregu Putra yang disebut Thomas Cup. Kejuaraan ini diadakan setiap dua tahun sekalipada tahun yang berakhiran genap.
  2. Kejuaraan Dunia Bulutangkis beregu Putri yang disebut Uber Cup, Kejuaraan ini diadakan setiap dua tahun sekali bersamaan dengan Thomas Cup.
  3. Kejuraan Dunia Perorangan , diadakan pada setiap tahun ganji.
  4. Kejuaraan Dunia Ganda Campuran yang disebut Sudirman Cup. Kejuaraan ini dimulai diadakan di Jakarta , Indonesia pada tahun 1989.
  5. Final Grand Prix. 
Bulutangkis menjadi olahraga resmi dalam olimpiade pada tahun 1992. Bulutangkis mulai dipertandingkan di olimpiade Barcelona. Saat itu Indonesia memperoleh dua medali emas. Medali itu diperoleh oleh Susi Susanti dan Alan Budikusuma. Pada Olimpiade tahun 2004 di Athena , Indonesia kembali menunjukkan kehebatannya , Taufik Hidayat juga berhasil menyabet gelar juara pertama dan meraih medali emas.

Sejarah Perkembangan Permainan Bulutangkis/Badminton Secara Lengkap

Cara Bermain Bulutangkis dan Mengumpulkan Angka

Cara bermainnya adalah memukul kok dengan menggunakan raket dan melewati net. Pemain yang Memukul pertama kali disebut Penservis. Angka/Poin akan didapat jika pemain lawan tidak bisa memukul balik kok yang dipukul oleh Penservis. Namun , Kalau Penservis tidak mendapatkan angka, ada Pergantian service. 

Dimana Bulutangkis Dapat Dimainkan....?

Bulutangkis dapat dimainkan dilapangan Bulutangkis. Lapangan BuluTangkis dapat dibuat dengan mudah dan dimana saja. Bisa ditempat terbuka atau di ruangan tertutup.

Sekian Posting ini saya buat . jika kalian ingin tahu tentang peraturan Bulutangkis bisa Kunjungi Peraturan Dan Peralatan Bulutangkis . Bagi kalian yang mau tahu tentang sejarah Bola voli Atau Sejarah Renang silakan langsung klik Tulisannya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar